Langsung ke konten utama

Apa itu introvert?

•>Introvert adalah sikap atau karakter yang lebih kepada subjektif secara mental dalam menjalani kehidupannya. Kepribadian introvert ini lebih menyukai suasana yang tenang, senang menyendiri, mereka cenderung menghindar dari hal-hal yang baru. Sifat yang seperti ini mereka cenderung suka dengan hal-hal yang melakukan segala sesuatu tanpa bantuan orang lain.
Dengan kata lain introvert adalah seseorang yang kalau bersosialisasi di keramaian akan memakan banyak energy yang bisa dikatakan jenuh jika berlama-lama dilingkungan masyarakat, apakah kalian termasuk orang yang introvert?

•>apa ciri-ciri introvert:
Ciri-ciri seorang introvert
-pendiam
-suka menyendiri
-tidak menyukai keramaian
-lebih banyak bebrfikir daripada berbicara -lebih senang bekerja sendiri
-susah untuk bergaul

•>kelebihan anak introvert:
1. Pemimpin bijak

Karena cenderung pendiam, banyak orang yang mengatakan introvert tak bisa menjadi pemimpin yang baik. Padahal menurut Dembling, hal tersebut tidak benar.

Beberapa tokoh seperti Bill Gates, Abraham Lincoln hingga Mahatma Gandhi merupakan orang introvert. Namun mereka juga dikenal sebagai orang-orang sukses yang mampu memimpin perusahaan, negara, hingga pergerakan revolusi.


"Introvert bisa menjadi pemimpin yang baik karena mereka lebih detil dan lebih banyak berpikir sebelum bertindak," tandas Dembling lagi.

2. Pendengar yang baik

Penulis buku "The Introvert Entrepreneur" Beth Buelow mengatakan kalau orang-orang introvert secara alami adalah pendengar yang baik. Saat mendengarkan cerita orang lain introvert akan mendengarkan secara seksama, mengolah informasi di dalam pikirannya, lalu memberikan respons.

Lawannya, ekstrovert, mungkin akan lebih sering untuk menyaut di tengah cerita.

3. Perhatian detail

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, selain kemampuan mendengar orang-orang introvert juga bisa memiliki kemampuan perhatian terhadap detail yang baik.

Biasanya orang dengan kepribadian introvert menggunakan kemampuan menangkap detail ini untuk memperhatikan lingkungan sekitarnya. Salah satu contoh seorang introvert lebih mungkin menangkap bahasa tubuh lawan bicaranya.

4. Teman dekat yang baik

Karena introvert tidak terlalu suka menghabiskan waktu dengan banyak orang, bukan berarti ia tidak bisa berteman. Introvert justru bisa jadi teman dekat apalagi dengan kualitasnya sebagai pendengar dan pemerhati yang baik.

5. Pasangan ideal

Karena introvert suka menghabiskan waktunya sendiri, ia bisa tahu kapan harus menemani pasangan kapan harus membiarkannya. Dalam hubungan asmara yang sehat bukan berarti setiap saat setiap waktu harus selalu berduaan.

Komentar